Senin, 09 Januari 2012

                                                Belajar Dan Pembelajaran
A. Belajar Menurut Pandangan Skinner
            Skinner berpandangan bahwa belajar adalah suatu perilaku. Pada saat orang belajar, maka responnya menjadi lebih baik. Sebaliknya, bila ia tidak belajar maka responnya menurun.
Dalam belajar ditemukan adanya hal berikut :
A] Kesempatan terjadinya peristiwa yang menimbulkan respons pembelajar
B] Respons sipembelajar
C] Konsekuensi yang bersifat menguatkan respons tersebut. Pemerkuat terjadi pada stimulus yang menguatkan konsekuensi tersebut.

Belajar menurut Gagne :
      Menurut gagne belajar merupakan kegiatan yang kompleks. Hasil belajar berupa kapabilitas.
Kapabilitas siswa tersebut berupa :
1)  Informasi verbal adalah kapabilitas untuk mengungkapkan pengetahuan dalam bentuk bahasa,
     Baik lisan maupun tulisan.
2)  Keterampilan intelektual adalah kecakapan yang berfungsi untuk berhubungan dengan lingkungan hidup serta mempresentasikan konsep dan lambing.
3)  Strategi kognitif adalah kemampuan menyalurkan dan mengarahkan aktifitas kognitifnya sendiri.
4)  Keterampilan motorik adalah kemampuan melakukan serangkaian gerak jasmani dalam urusan dan koodinasi, sehingga terwujud otomatisme gerak jasmani.
5)  Sikap adalah kemampuan menerima atau menolak obyek berdasarkan penilaian terhadap obyek tersebut.
Belajar Menurut Pandangan Piaget.
      Piaget berpendapat bahwa pengetahuan dibentuk oleh individu.
Menurut Piaget, pembelajaran terdiri dari empat langkah berikut :
1)  Langkah satu : Menentukan topik yang dapat dipelajari oleh anak sendiri  .
2)  Langkah dua : Memilih atau mengembangkan aktifitas kelas dengan topic tersebut.
3)  Langkah tiga : Mengetahui adanya kesempatan bagi guru untuk mengemukakan pertanyaan yang menunjang proses pemecahan masalah.
4)  Langkah empat : Menilai pelaksanaan tiap kegiatan, memperhatikan keberhasilan, dan melakukan revisi.
      Belajar Menurut Rogers
Rogers mengemukakan pentingnya guru memperhatikan prinsip pendidikan . Prinsip pendidikan dan pembelajaran tersebut sebagai berikut :
1)  Menjadi manusia berarti memiliki kekuatan wajar untuk belajar
2)  Siswa akan mempelajari hal-hal yang bermakna bagi dirinya.
3)  Pengorganisasian bahan pengajaran berarti mengorganisasikan bahan dan ide baru, sebagai bagian yang bermakna bagi siswa.
4)  Belajar yang bermakna dalam masyarakat modern berarti belajar tentang proses-proses belajar, keterbukaan belajar mengalami sesuatu, bekerja sama dengan melakukan pengubahan diri terus menerus.
5)  Belajar yang optimal akan terjadi, bila siswa berpartisipasi secara bertanggung jawab dalam proses belajar.
6)  Belajar mengalami ( experiental learning) dapat terjadi, bila siswa mengevaluasi dirinya sendirinya.
7)  Belajar mengalami menuntut keterlibatan siswa secara penuh dan sungguh-sungguh.
     
            Rogers mengemukakan saran tentang langkah-langkah pembelajaran yang perlu dilakukan oleh guru. Saran pembelajaran itu meliputi hal berikut :
1)  Guru member kepercayaan kepada kelas agar kelas memilih belajar secara terstruktur
2)  Guru dan siswa membuat kontrak belajar.
3)  Guru menggunakan metode inkuiri, atau belajar menemukan ( discovery learning).
4)  Guru menggunakan metode simulasi
5)  Guru mengadakan latihan kepekaan agar siswa mampu menghayati perasaan dan berpartisipasi  dengan kelompok lain.
6)  Guru bertindak sebagai fasilitator belajar.
7)  Sebaiknya guru menggunakan pengajaran berprogram, agar tercipta peluang bagi siswa untuk timbulnya kreativitas ( Snelbecker, 1974:483-494;Skager, 1984:33;Bergan dan Dunn, 1976:122-128)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar